sumber : (jawapos.com)
Podshub – Popularitas Coldplay telah membentuk sifat FOMO di kalangan anak muda. Tingginya minat Gen Z dan Milenial untuk menonton band asal Inggris itu, karena terprovokasi oleh media sosial yang gencar memposting kehebohan pentas musik dan lagu-lagunya.
Media sosial sering memposting kegiatan gaya hidup, diantaranya konser musik, fashion show, bahkan nge-vape. Postingan terkait gaya hidup itu sering viral atau menjadi perbincangan publik. Salah satu yang heboh itu adalah rencana Konser Coldplay yang akan berlangsung pada 15 November 2023 di Jakarta.
Sebagaimana dikutip dari girlsbeyond.com, media sosial terus menerus menyuguhkan kehebatan Coldplay yang lagu-lagunya selalu masuk Top Chart. Lalu, muncullah rasa penasaran untuk menonton agar tidak ketinggalan momen, meski belum tentu menyukai musiknya. Fenomena seperti itu disebut FOMO (Fear Out Missing Out).
Selain itu, sifat FOMO atau kekhawatiran bakal disebut ketinggalan zaman itu muncul, karena Coldplay adalah band legendaris. Banyak juga yang memprediksi Konser Coldplay ini adalah yang pertama dan mungkin terakhir di Jakarta, setelah rencana konsernya di tahun 2017 batal.
Sebab itu, kalangan muda tidak mau ketinggalan menyaksikan konser itu meski harga tiketnya cukup mahal. Harga sebuah tiket Konser Coldplay setelah pajak di kisaran 1 juta hingga 11 juta rupiah. Harga tersebut tentunya tidak murah bagi rata-rata kantong anak muda. Namun, pesona media sosial telah membius pikiran anak-anak muda, sehingga Konser Coldplay dinilai sebagai hal sangat penting.
Banyak yang tidak mau ketinggalan untuk melihat penampilan Coldplay, meski lagu-lagunya mungkin juga hanya tahu sedikit. Semua rasa penasaran itu terbentuk karena nama besar Coldplay. Sedangkan sifat FOMO terbentuk karena popularitas Coldplay.
Sumber: girlsbeyond.com